Web Content Management System

Secara umum, sebuah Content Management System (CMS) adalah sistem yang mengelola alur kerja, biasanya dalam suatu lingkungan kolaboratif. Sistem ini adalah kumpulan prosedur yang menyederhanakan beberapa tugas kompleks atau berulang-ulang. Prosedur-prosedur ini baik secara manual maupun berbasis komputer. Manajemen Website adalah salah satu tugas yang perlu beberapa sistem untuk membuat, mengedit dan mengatur isinya. halaman web adalah contoh khas konten. Anda perlu beberapa editor untuk membuat halaman, beberapa database untuk menyimpan mereka dan beberapa sistem untuk menghasilkan dan mengambil halaman ketika mereka dibutuhkan.

Web Content Management System (CMS) adalah sebuah aplikasi web yang dirancang untuk membuat dan mengelola konten HTML – halaman web. Web CMS digunakan untuk mengelola koleksi besar sumber daya web (teks, kode HTML, gambar, PHP script, dll). Web CMS fungsi biasanya meliputi: pembuatan konten, mengontrol konten, mengedit konten, fungsi perawatan, dan fungsi khusus untuk masing-masing CMS. Secara umum, web aplikasi manajemen konten perangkat lunak yang tersedia authoring alat yang dirancang untuk memungkinkan pengguna dengan sedikit atau tanpa pengetahuan bahasa pemrograman atau bahasa markup untuk membuat dan mengelola konten dengan relatif mudah. Oleh karena itu Anda tidak perlu tahu apa-apa tentang HTML, CSS, PHP, JavaScript, AJAX atau kode mewah lainnya.

Sistem manajemen konten web menggunakan database untuk menyimpan konten, metadata, atau data tambahan yang mungkin dibutuhkan oleh sistem. Sebuah web CMS biasanya berisi lapisan presentasi yang menampilkan konten ke pengunjung web situs berdasarkan satu set template. Template adalah layout halaman dasar yang berisi konten pemegang tempat, style halaman dan data halaman lain yang tidak berubah.

Kebanyakan aplikasi web CMS menggunakan cache sisi server untuk meningkatkan kinerja. Ini bekerja dengan baik ketika isi web tidak berubah sering kali kunjungan terjadi secara teratur. Administrasi CMS web biasanya dilakukan melalui antarmuka berbasis web, tetapi beberapa sistem memerlukan penggunaan klien desktop. Sebuah web CMS biasanya membutuhkan administrator yang berpengalaman untuk mengatur dan menambahkan fitur, tetapi terutama alat pemeliharaan Web-site untuk administrator non-teknis. Hal ini memungkinkan pengguna non-teknis untuk dengan mudah membuat perubahan ke situs web dengan sedikit atau tanpa pelatihan.

Ada banyak open source Content Management Systems web Anda dapat men-download dan gunakan secara gratis. Beberapa gratis terkenal sistem CMS WordPress, Joomla, dan Drupal untuk menyebutkan hanya yang paling populer. Mereka yang disebutkan di atas didasarkan pada bahasa scripting PHP. Ada juga lainnya CMS aplikasi berbasis pada bahasa lain like.NET, ASP.NET, Java, Jawa Bundle, Perl, Python, Ruby on Rails, dll