Penyebab Umum Sakit di Pangkal Ibu Jari

Apakah ibu Anda sakit? Nyeri di pangkal ibu jari – di mana ia bergabung dengan pergelangan tangan, biasanya disebabkan oleh kondisi yang sangat umum, terutama di atas usia 50. Ini lebih sering terjadi pada wanita, dan itu tidak carpal tunnel syndrome!

Jawabannya?

Arthritis di dasar jempol.

Apa itu?

Kata arthritis berarti sendi (Arth-) peradangan (-itis). Bentuk paling umum dari arthritis adalah osteoartritis, atau OA. Nama lain untuk itu adalah penyakit sendi degeneratif, atau DJD. Ujung-ujung tulang yang biasanya bergerak dengan lancar terhadap satu sama lain. Tulang rawan yang halus di sendi membuat ini mungkin. Proses penyakit radang sendi tulang rawan ini menyebabkan aus dan sendi tidak lagi bekerja seperti yang dirancang untuk.

Dalam kasus terburuk yang paling canggih, tulang harfiah grinds pada tulang di dalam sendi rematik!

Pangkal jempol adalah di mana jempol bergabung dengan pergelangan tangan. Sendi utama yang terlibat pada arthritis pada dasar ibu jari adalah sendi trapeziometacarpal (juga dikenal sebagai sendi carpometacarpal – sendi CMC jempol).

Bersama ini dibentuk oleh tulang panjang di jempol disebut metakarpal dan tulang di pergelangan tangan yang disebut trapezium. Bersama ini memberikan sebagian dari gerakan yang berguna di tangan Anda – mencengkeram, mencubit, memutar, membuka stoples, dan menulis semua memerlukan ini bersama untuk memiliki rasa sakit bebas fungsi. Artritis dapat menyebabkan rasa sakit dengan semua kegiatan ini.

Jenis artritis lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan biasanya tidak terjadi sebelum usia 40. Patah tulang dan trauma lainnya pada sendi ibu jari dapat menempatkan Anda pada risiko untuk mengembangkan arthritis di masa depan.

Apa Tanda dan Gejala?

Beberapa pasien dengan radang sendi di pangkal ibu jari tidak pernah memiliki gejala. Lainnya mengalami sakit yang melumpuhkan dan parah pada usia dini.

Gejala awal artritis praktis adalah nyeri pada pangkal ibu jari (tumit telapak tangan) dengan mencubit, membuka stoples, atau setelah jangka waktu yang lama menulis. Mengubah kunci atau membuka kenop pintu juga mungkin menyakitkan.

Cuaca perubahan (seperti sebelum hujan) dapat menciptakan rasa sakit di jempol. Penggunaan berulang berat juga dapat menyebabkan sakit yang mendalam di jempol. Radang sendi semakin memburuk, kekuatan mencubit semakin lemah dan aktivitas berat tidak lagi diperlukan untuk membuat jempol menyakitkan.

Pasien dengan artritis canggih mungkin merasa grinding / crunching sensasi bahkan dengan gerakan kecil dari ibu jari, dan sendi ibu jari mungkin mulai terlihat membesar, bengkak, atau “keluar dari tempat”. Sendi pada pangkal ibu jari menjadi sangat kaku pada saat ini.

Sendi lain lebih jauh menuju ujung jempol dapat menjadi lebih longgar dan lebih cacat untuk mengimbangi kekakuan di pangkal jempol.

Bagaimana diagnosis dibuat?

Arthritis di pangkal ibu jari ini didiagnosis oleh sejarah (kisah tentang bagaimana mengembangkan gejala-gejala) dan pemeriksaan fisik.

Sendi dasar (CMC sendi) yang lembut untuk menyentuh dan Anda sering bisa merasakan berderak atau penggiling sebagai sendi bergerak dalam pola melingkar. Pembengkakan biasanya hadir di sekitar sendi.

Kondisi lain di daerah yang sama dapat menyebabkan penampilan yang mirip, seperti tendonitis dan arthritis di sendi lain dari pergelangan tangan dan ibu jari.

Sinar-X berguna untuk mengkonfirmasikan sendi tertentu yang terlibat dengan radang sendi, meskipun penampilan sendi pada x-ray mungkin tidak sesuai dengan cara pasien merasa.

Ada beberapa x-ray pandangan diperintahkan oleh ahli bedah tangan Anda yang menunjukkan artritis lebih jelas daripada yang diperintahkan oleh dokter keluarga Anda. Pandangan-pandangan tambahan ini sangat membantu dalam kasus-kasus ringan, di mana diagnosis tidak jelas pada reguler x-ray dari tangan atau pergelangan tangan.

Pembengkakan, nyeri, atau gerakan abnormal dari sendi-sendi lain di dekatnya juga bisa memperkuat diagnosis dari arthritis di pangkal jempol.

Bagaimana penyakit ini dirawat?

Arthritis di dasar jempol diperlakukan seperti arthritis di tempat lain di tubuh:

gerak yang terbatas atau menggunakan

belat

obat anti-inflamasi (pil atau krim)

terapi panas (hangat / panas membasahi air)

Cortisone (steroid) suntikan di sendi dapat memberikan beberapa bantuan yang signifikan selama beberapa bulan. Hal ini dapat dilakukan bersama dengan metode di atas atau setelah mereka telah gagal untuk memberikan bantuan nyeri.

Setelah perawatan non-bedah gagal untuk memberikan bantuan nyeri yang memadai, operasi harus dipertimbangkan.